Sulit Bayar Kompensasi, BP Jual Aset

Posted on Oktober 19, 2010

0


Oleh : Pasar Modal – Senin, 18 Oktober 2010 | 20:00 WIB

INILAH.COM, New York – BP pada Senin (18/10) setuju menjual US$1,8 miliar aset-asetnya di Venezuela dan Vietnam. Raksasa energi itu harus terus mendapatkan uang tunai untuk membayar kompensasi tumpahan minyak Teluk Meksiko.

BP (British Petroleum) menyatakan pembeli asetnya adalah TNK-BP, perusahaan minyak terbesar ketiga di Rusia yang dimilikinya 50:50 dalam Konsorsium AAR. Adapun konsorsium AAR terdiiri dari Alfa Group, Acceess Industries dan Renova.

Mikhail Fridman, ketua eksekutif TNK-BP Ltd mengatakan, kesepakatan ini merupakan tonggak global untuk perusahaan. “Mengingat hubungan yang kuat Rusia dengan Vietnam dan Venezuela, kami yakin transaksi ini akan menciptakan nilai yang signifikan, baik untuk TNK-BP maupun mitra lokal kami,” katanya.

Perjanjian tersebut mencakup kepentingan BP di Petroperija, Boqueron dan usaha patungan di Venezuela PetroMonagas. Sedangkan di Vietnam, 35% kepentingan operasi BP adalah di Tay Lan dan lapangan gas Lan Do, pipa yang terkait serta kepentingan pembangkit energi.

BP Juli kemarin sudah mengatakan rencananya untuk mengurangi US$ 30 miliar dalam aset, untuk membayar dana litigasi dan biaya lainnya yang timbul tahun ini dari tumpahan minyak Teluk Meksiko. [ast]

Ditandai: , ,
Posted in: Indonesia