Dari 40 Badan Publik. 14 Instansi Pemda Serang Menolak Permintaan Informasi

Posted on Oktober 6, 2010

0


Jumat 01/10/2010 – Pattiro Serang mengajukan permintaan informasi kepada 40 badan publik, pada Juli 2010.

Berikut hasil permintaan informasi tersebut, hingga Oktober 2010:

14 badan publik menolak permintaan informasi.
10 badan publik memberikan informasi.
15 badan publik masih menjanjikan informasi.
1 badan publik mengalihkan ke badan publik lain.

Badan Publik yang menolak permintaan informasi tersebut, adalah:

1.Disnakertrans Provinsi Banten.
Informasi yang diminta adalah: Jumlah Angkatan Kerja di Daerah Banten Tahun 2010, Informasi Jumlah TKI Asal Propinsi Banten berikut Sebarannya. Petugas mempertanyakan kop surat, lembaga pemohon, alamat, dan apa kepentingannya.

2.Biro Humas Provinsi Banten.
Informasi yang diminta: DPA Humas, Renstra Humas 2010. Data tidak diperoleh karena petugas yang berhak memberikan data selalu tidak ada di tempat.

3.Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab.Cilegon.
Informasi yang diminta: Data Lokasi Wisata di Wilayah kota cilegon, Program Kerja Dinas Pariwisata dan Budaya kota cilegon, Informasi Jumlah Seni Tradisional di Wilayah kota cilegon Alasan penolakan: data yang diminta adalah rahasia negara dan harus menunggu rekomendasi kepala dinas terkait.

4.Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten.
Informasi yang diminta: Data hasil Pertanian dan peternakan tahun 2009, Data Lengkap Luas Lahan Pertanian , Informasi Standar Harga Gabah, Informasi Program Bantuan Pertanian. Permintaan informasi ditolak dengan alasan permintaan bukan atas nama lembaga. Petugas juga menanyakan kop surat lembaga pemohon, alamat serta kepentingannya.

5.Bappeda Provinsi Banten
Informasi yang diminta: Dokumen APBD 2010, Penjabaran APBD 2009, Dokumen Musrembang 2010 Alasan penolakan: data tidak bisa diberikan.

6.Dinas Kesehatan Provinsi Banten.
Informasi yang diminta: Renstra Dinkes Banten Tahun 2010, DPA Dinkes Banten Tahun 2010, Data Puskesmas Se-Banten, Data Penyandang Gizi Buruk Tahun 2009-2010, Data Penderita HIV terbaru. Alasan penolakan: Data tidak bisa di berikan dengan alas an rahasia dinas dan kalau di berikan akan menggangu program.

7.Dinas PUProvinsi Banten
Dokumen Tata Ruang Setiap Kecamatan Kabupaten Serang, Renstra Dinas Tata ruang. Alasan penolakan: PU sudah dipecah beberapa bagian: seperti bina marga, perairairan dll jadi menurutnya alamat tujuan tidak lengkap. (tidak jelas tujuan karena dalam surat yang di tuju kepala dinas)

8.Dishubkominfo Provinsi Banten
Informasi yang diminta: Renstra Tahun 2010, RPJM Tahun 2010,. Alasan penolakan: bukan kewenangan mereka.

9.Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Serang.
Informasi yang diminta: Realisasi Bantuan Traktor tahun 2010. Petugas kepentingan permintaan informasi.

10.Badan Ketahanan Pangan Provisni Banten
Informasi yang diminta: Program Kerja Badan Ketahanan Pangan Propinsi Banten. Petugas mengintrogasi peminta informasi secara detail asal usul si peminta dan apa kepentingannya.

11.UMKM Provinsi Banten.
Informasi yang diminta: Jumlah koperasi, Juklak dan juknis pembuatan koperasi, Jumlah Bantuan koperasi, Jumlah UMKM, Renstra. Alasan penolakan: surat permintaan atas nama pribadi bukan lembaga, dan surat tersebut tidak ada stempel.

12.Depkumham Provinsi Banten
Informasi yang diminta:Data Jumlah LP di Propinsi Banten. Data Jumlah Kasus Pelanggaran HAM di Propinsi Banten, Program Kerja Depkumham Wilayah Banten Tahun 2010. Surat permintaan hanya diminta di tinggalkan diatas meja dan setelah satu minggu kemudian di datangi lagi mereka memberikan jawaban dengan alasan yang tidak jelas.

13.Dinas Pariwisata dan Budaya Propinsi Banten.
Informasi yang diminta: Data Lokasi Wisata di Wilayah Propinsi Banten, Program Kerja Dinas Pariwisata dan Budaya Propinsi Banten. Alasan penolakan Harus ada persetujuan dari kepala Dinas terkait.

14.Biro Ekonomi Pemerintah Provinsi Banten.
Informasi yang diminta: Data PAD, Renstra 2010. Alasan penolakan: Surat permintaan atas nama pribadi, tidak ada kop surat, dan stempel.

Posted in: Uncategorized