Ada Blok Cepu, pengangguran tetap banyak

Posted on Oktober 6, 2010

0


BOJONEGORO, kabarbisnis.com, Selasa, 01 Juni 2010: Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) melakukan pendataan jumlah pengangguran di 27 kecamatan yang tersebar di seluruh Kabupaten Bojonegoro. Tercatat jumlah pengangguran di Bojonegoro mencapai 85.064 orang. Jumlah itu dari 19 kecamatan yang sudah menyetorkan data ke Disnakertranoso.

“Jumlah ini belum final. Karena masih ada 8 kecamatan yang belum menyetorkan data ke sini,” kata Kepala Disnakertransos M. Maftuh.

Sesuai data yang diterima Disnakertransos, dari jumlah 85.064 pengangguran tersebut jumlah tertinggi terdapat di Kecamatan Ngasem, sentra Migas Blok Cepu, yang mencapai 9.008 orang. Pengangguran ini rata-rata berusia produktif antara 16 sampai 33 tahun. Selain itu, jumlah buruh musiman disekitar Lapangan Migas Banyuurip-Jambaran itu, mencapai 11. 733 jiwa. “Sebagian besar mereka bekerja sebagai kuli bangunan dan buruh tani. Rata-rata mereka bekerja 35 jam per minggu,” terang Sugiharto.

Dia mengungkapkan, sedangkan pencari kerja yang terdaftar di Disnakertransos (pencari kartu kuning) sebanyak 9.234 orang. Selain itu Disnakertransos juga melakukan pencatatan jumlah penempatan kerja sebanyak 249 ribu orang. Rinciannya, tenaga kerja antar kerja lokal (AKL) sebanyak 14.603, antar kerja daerah (AKD) 12 orang, antar kerja negara (AKN) 67 orang, dan usaha mandiri sektor informal sebanyak 24 orang.

”Yang paling pekerja disini adalah di pabrikan,” sahutnya. Sugiharto belum bisa memastikan penyebab tingginya jumlah pengangguran di Kecamatan Ngasem. Namun secara umum, masih cukup banyak jumlah pengangguran di Kabupaten Bojonegoro ini lebih disebabkan oleh minimnya lapangan pekerjaan. Selain itu para pekerja masih memilah-milih tempat pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya. “Tapi saya sudah meminta kepa semua kontraktor di sana agar senantiasa mengumumkan setiap lowongan pekerjaan dan melibatkan tenaga kerja lokal,” ungkap Sugiharto. kbc2

Sumber: http://www.kabarbisnis.com/energi/2812160-Ada_Blok_Cepu__pengangguran_tetap_banyak.html

Posted in: Uncategorized