ExxonMobil Sukses Melaksanakan Kegiatan Produksi Awal di Banyu Urip, Blok Cepu (dokumentasi)

Posted on September 2, 2010

0


08-12-2009

 

Jakarta, 1 Desember 2009 – Mobil Cepu Ltd. (MCL), anak perusahaaan Exxon Mobil Corporation, hari ini mengumumkan bahwa fasilitas produksi awal di Lapangan Banyu Urip di Blok Cepu yang terletak di Jawa Timur telah menunjukkan keberhasilan dalam mengolah minyak yang akan dijual, sesuai ataupun diatas rancangan kapasitasnya yaitu 20.000 barel per hari. 

Fasilitas tersebut, saat ini memproses hingga 12.000 barel minyak per hari, yang berasal dari empat sumur produksi yang telah dibor sebelumnya. Angka ini akan terus meningkat hingga mencapai rancangan kapasitasnya, seiring dengan fasilitas-fasilitas baru yang dikembangkan oleh para pembeli; serta sesuai dengan kemampuan pembeli untuk menerima pengiriman melalui pipa terpasang. Kegiatan produksi di fasilitas produksi awal ini diharapkan terus berlangsung hingga lapangan dikembangkan secara penuh. 

“Kinerja baik yang dihasilkan oleh sumur-sumur serta fasilitas-fasilitas produksi awal yang mulai dioperasikan pada bulan Agustus ini, akan meningkatkan nilai ekonomis pada kesuluruhan proyek, dengan tentunya mendukung tujuan pemerintah Indonesia serta prioritas produksi energi,” ujar Michael K. Nelson, Presiden Mobil Cepu Ltd. “Kesuksesan atas dimulainya penggunaan fasilitas ini, menunjukkan tingginya komitmen semua orang yang terlibat dalam mengembangkan sumber daya minyak dan gas bumi di Blok Cepu secara aman dan efisien. Keberhasilan ini merupakan tonggak dari kemitraan yang sangat baik bersama Pertamina, bekerja bersama demi kepentingan bangsa,”

Haposan Napitupulu, Presiden Direktur Pertamina EP Cepu, menyatakan “Produksi awal adalah permulaan yang baik bagi pengembangan Blok Cepu, dan Pertamina bersama ExxonMobil juga ingin segera mencapai kapasitas produksi penuh secepat mungkin. Kami menantikan kerjasama dengan mitra kami dan juga bersama BPMIGAS dalam menghadapi berbagai tantangan pengembangan kapasitas produksi penuh; seperti kontrak EPC dan juga pembebasan lahan, demi mewujudkan fasilitas untuk pengolahan 165.000 barel minyak per hari.

ExxonMobil dan Pertamina masing-masing memiliki 45% saham di Blok Cepu, sementara 10% lainnya dimiliki oleh empat perusahaan milik daerah setempat. Anak perusahaan Exxon Mobil Corporation dan pendahulunya telah beroperasi di Indonesia selama lebih dari 100 tahun, dan semenjak 1968 telah berinvestasi lebih dari $19 milyar. Selama beroperasi di Indonesia, ExxonMobil telah aktif dalam membantu masyarakat di sekitar daerah operasinya.

(Sumber: http://cepublock.com/newsdet/ind/40/)

Posted in: Uncategorized